Jumat, 26 Januari 2018

Model Sistem Umum Perusahaan

Model Sistem Umum Perusahaan

Model sistem umum pada perusahaan adalah dimana penyerdahanaan objek, yang terdiri dari berbagai jenis model yang digunakan aoleh perusahaan beserta kegunaan model itu sendiri yang memengaruhi juga di perusahaan agar mempermudah pengertian, komunikasi, dan memperkirakan masa depan .

Pengertian Model

Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra computer) .
Jenis Jenis Model :

* Model Fisik
Adalah penggambaran entitas dalam bentuk tiga dimensi. Model fisik berukuran lebih kecil dari aslinya dan biasanya yang digunakan dalam dunia bisnis berupa prototype model baru. Pusat perbelanjaan dan pembuat mobil dapat membuat sejumlah perubahan lebih murah melalui rancangan model fisik mereka dibandingkan dengan produk akhir .

* Model Naratif
Adalah penggambaran entitas secara lisan dan tulisan. Semua komunikasi bisnis adalah model naratif, sehingga model naratif merupakan model yang paling popular.

* Model Grafik
Adalah yang mewakili entitasnya dengan menggunakan garis, symbol & bentuk dengan sedikit penjelasan naratif. Misalnya laporan keuangan ditambah dengan grafik berwarna untuk memperjelas.

Kegunaan Model

       Mempermudah Pengertian
Suatu model pasti lebih sederhana daripada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan secara sederhana.


·        Mempermudah Komunikasi
Suatu model digunakan karena pada umumnya setelah pemecahan masalah manajer akan mengkomunikasikan baik hasil maupun keputusan kepada pihak-pihak yang terhubung, maka model system sangat dugunakan agar mempermudah jalur komunikasinya.
·        
      Memperkirakan Masa Depan
Khususnya dalam model matematika, model ini dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan,namun tidak seratus persen akurat. Karena banyak data yang dimasukkan ke dalam model biasanya didasarkan atas berbagai asumsi, manajer juga harus menggunakan pertimbangan dan intuisi untuk mengevaluasi model.

Penggunaan Model System Umum

Model system umum adalah pendekatan yang dilakukan berdasarkan penggunaan komputer dalam bisnis, mencakup hal semua sistem informasi di segala jenis organisasi, dan sarana yang digunakan. Model system umum terdiri dari system fisik dan sistem konseptual.

  • Sistem Fisik

 System fisik merupakan system yang terbuka yang berhubungan dengan lingkunganya, sering diibaratkan perusahaan mengubah sumberdaya (input) menjadi produk (output).

  1. Arus Material
  2. Arus Personil
  3. Arus Mesin
  4. Arus Uang



  • Sistem konseptual

1.      Sistem simpul tertutup
Sistem yang mempunyai simpul feedback & mekanisme kontrol.
Perusahaan bisnis yang memiliki simpul feedback & mekanisme kontrol. Simpul feedbacknya adalah informasi. Mekanisme kontrolnya adalah manajemen perusahaan. Manajemen menggunakan informasi sebagai dasar untuk membuat perubahan dalam sistem fisik.

2.      Sistem simpul terbuka
Sistem yang tidak mempunyai simpul feedback & mekanisme kontrol.
Contoh: Pemanas ruang listrik yang kecil & tidak mempunyai mekanisme pengaturan sendiri untuk memberikan temperatur ruang yang tetap. Bila pemanas ini dipasang maka akan mengeluarkan panas yg banyak atau sedikit.

Contoh Kasus Pasar Swalayan :
            
            Semua sumber daya fisik mengalir melalui system sebuah pasar swalayan. Arus utama adalah material, yaitu bahan makanan dan barang-barang lain yang dijual. Arus personil terdiri dari manajer toko, kasir, pegawai gudang, dan orang-orang lain yang dipekerjakan untuk jangka waktu dan akhirnya berhenti. Sejumlah kecil mesin digunakan, yaitu alat pembaca barcode dikasir, computer, kalkulator, dan telepon. Alat lainnya mencakup lemari pendingin, kotak peraga, dan tak-rak untuk menempatkan barang dagangan yang akan dijual. Arus uang pasar swalayan disediakan oleh pelanggan, dan arus keluar utama terutama berbentuk pembayaran kepada pemasok, pegawai, dan pemilik.
Contoh Kasus ini merupakan contoh kasus dari JENIS MODEL GRAFIK .

Contoh Kasus Perusahaan

Dalam dunia bisnis, untuk mendukung operasional suatu perusahaan dan mengembangkan berbagai produk, layanan serta kemampuannya dibutuhkan perpaduan system informasi dan teknologi informasi yang efektif guna menghasilkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Tujuan penulisan ini ialah menggambarkan penerapan system informasi menejemen pada PT.Hero Supermarket Tbk serta mengidentifikasikan sumber daya yang digunakan dalam penerapan system informasi manajemen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi literature dalam bidang keilmuan Manajemen System Information (MSI) dan Information Tecnologi (IT), serta pengamatan langsung pada objek penelitian PT.Hero Supermarket Tbk. Pada unit analisis Departemen / bagian MSI / EDP. Sistem informasi yang digunakan dari top level manajemen hingga kasir memakai system informasi terpadu dan saling berinteraksi dalam berkomunikasi sehingga produk (inventory) tidak ada yang kurang ataupun sudah usang karena kadaluarsa. Sistem informasi merupakan suatu hal wajib dipunyai oleh setiap perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis terhadap perusahaan sejenis . Dengan adanya system informasi ini, tidak hanya membuat proses menjadi otomatis,tetapi menciptakan tingkat akurasi yang tinggi, kecepatan dalam pelayanannya, menjadi perlengkapan dalam kegiatan bisnis perusahaan.

Kesimpulan

Model system umum dari perusahaan dapat digunakan untuk memahami susunan system fisik perusahaan maupun system konsep, dan cara mereka berhubungan. Terdapat 4 model system umum perusahaan yaitu; model fisik, naratif, grafik, dan matematis. Pembuatan model bertujuan untuk memecahkan masalah dalam perusahaan, mempermudah komunikasi, dan meperkirakan masa depan perusahaan. penggunaan model banyak ditemukan di pasar swalayan dan Lembaga Bantuan Hukum.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar